6 Faktor Penyebab Umum Biduran

Terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab umum biduran pada kulit. Biduran sendiri merupakan reaksi kulit terhadap tingginya histamin. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih lebar dan membuat aliran darah meningkat. Banyaknya darah yang terdapat di bawah bagian permukaan kulit membuat kondisi kulit berubah menjadi kemerahan.

Ketika kulit berubah menjadi kemerahan, maka biasanya akan disertai pembengkakan dan juga rasa gatal di area tersebut. Kondisi ini mungkin akan terasa tidak nyaman untuk beberapa orang. Untuk itu sebaiknya segera atasi penyebab umum biduran yang Anda rasakan agar tidak semakin buruk dan bisa membuat diri Anda menjadi nyaman.

Berikut beberapa penyebab umum biduran

Faktor penyebab umum biduran harus Anda ketahui dengan baik agar bisa memilih cara penanganan yang tepat. Dengan begitu Anda tidak perlu terganggu dengan kondisi biduran ini. Berikut beberapa penyebab yang biasa menimbulkan biduran.

  • Makanan 

Beberapa orang memiliki kulit yang sensitif sehingga ketika memakan sesuatu yang mengandung sebuah zat tertentu akan mengalami biduran. Hal ini bisa dikatakan wajar karena reaksi kulit terhadap zat tersebut. Beberapa makanan yang biasanya memicu terjadinya biduran adalah coklat, telor, susu, kacang, telur, seafood dan gandum. Bagi Anda yang memiliki sensitif dengan jenis makanan tertentu sebaiknya hindarilah.

  • Zat adiktif 

Bahan tambahan yang digunakan pada sebuah makanan bisa membuat reaksi tertentu terhadap kulit. Bahan tambahan yang digunakan bisa berupa pemanis, penguat rasa, pewarna makanan, pemanis dan lain sebagainya. Untuk itu sebelum konsumsi sebuah makanan, ketahuilah kandungan yang terdapat di dalamnya terlebih dahulu agar tidak memicu terjadinya biduran.

  • Kontak fisik

Melakukan kontak fisik pada sebuah zat atau makhluk bisa memicu terjadinya biduran. Kontak fisik terhadap bulu binatang atau lateks biasanya menjadi penyebab utama Anda mengalami gangguan tersebut. Ketika Anda mengalami gangguan tersebut, perhatikan apa yang menjadi penyebabnya. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda harus menghindarkan diri dari pemicu tersebut.

  • Lingkungan

Perubahan cuaca yang seringkali berubah bisa membuat kulit kesulitan untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Hal inilah yang membuat kulit bisa menimbulkan kemerahan. Cuaca dingin atau panas bisa saja jadi pemicunya tergantung dari tubuh masing-masing manusia. Selain itu, air dan paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab biduran yang sering terjadi.

  • Gigitan serangga

Beberapa serangga seperti nyamuk, tawon dan lainnya bisa menyebabkan biduran. Ketika tergigit Anda akan merasakan gatal pada bagian tersebut dan pada permukaan kulit akan muncul bintik kemerahan. Kondisi ini bisa segera Anda atasi dengan menggunakan minyak khusu. Biasanya dalam beberapa jam kondisi kulit akan membaik. 

Meskipun Anda akan merasakan gatal dan kemerahan di saat yang bersamaan, namun hal tersebut tidak akan membahayakan dan bisa segera diatasi.

  • Obat-obatan 

Bisa dikatakan hampir semua obat-obatan mampu menyebabkan urtikaria. Hal inilah yang menyebabkan kulit mengalami perubahan warna hingga pembengkakan. Namun kondisi tersebut bisa berbeda-beda pada setiap orang, karena ada juga orang yang tidak mengalami biduran meskipun mengkonsumsi obat yang sama. 

Hal ini dipengaruhi oleh kondisi tubuh dan bagaimana sistem imun pada saat Anda minum obat tertentu. 

Itulah beberapa penyebab umum biduran yang sering terjadi pada permukaan kulit. Pada umumnya, biduran sendiri bukan termasuk dalam kondisi yang berbahaya sehingga tidak membutuhkan pengobatan khusus. Selain itu gejala yang dirasakan biasanya akan menghilang dalam hitungan jam atau hari. Namun bagi Anda yang tidak tahan dengan rasa gatalnya, bisa konsumsi antihistamin untuk meredakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *