Cara Kerja Mouse Wireless Yang Perlu Anda Tahu

Seperti yang dijelaskan pada toko online yang jual mouse wireless, mouse adalah hardware yang dihubungkan dengan komputer yang fungsinya sebagai penggerak kursor yang memberikan sebuah perintah masukan atau input pada sistem windows. Alat yang satu ini dinamakan mouse karena memang bentuk dan design nya menyerupai sebuah tikus, dan kabel yang terhubung dengan komputer juga menyerupai seperti ekor tikus. Sebagai bahan referensi, komputer yang pertama kali dijual dengan satu paket mouse ialah komputer Xerox Star yang diluncurkan pada tahun 1981. Meski pada saat sekarang ini perangkat keras (hardware) mouse sudah banyak digantikan dengan touchpad dan touchscreen, namun mouse tetap diminati oleh para pengguna sebagai kursor karena dengan mouse mudah digunakan, tidak ribet. Seperti dikutip dari forum – forum, mouse wireless merupakan piranti keras yang digunakan untuk memberikan input kedalam komputer berupa intruksi atau perintah yang digunakan untuk menjalankan serta mengerakan cursor pada komputer anda, akan tetapi pada Mouse Wireless ini tidak menggunakan kabel penyambung antara komputer dengan mouse seperti halnya pada mouse pada umumnya. Adapun beberapa kelebihan mouse wireless seperti yang dikemukakan sebagai berikut.

Pada teknologi yang sudah digunakan pada jenis mouse wireless ini memungkinkan pemakainya untuk menghubungkan antara mouse dengan komputer tanpa menggunakan kabel. Lebih tepatnya teknologi ini menggunakan 2 komponen tambahan yang diisyaratkan sebagai pemancar dan penerima, dengan demikian mouse bisa terhubung tanpa penggunaan kabel sama sekali. Jadi dengan mouse wireless maka tidak ada lagi kabel yang melilit-lilit di sekitar komputer PC atau Laptop anda. Dengan ini kita bisa merasa lebih lapang dan leluasa memainkan komputer tanpa harus terganggu oleh kabel yang melintang. Pada umumnya mouse jenis wireless menggunakan 3 jenis teknologi untuk dipakai sebagai pemancar dan penerima antara mouse dengan komputer. Ketiga teknologi diatas adalah Bluetooth, Infrared dan Radio Frequency. Sedangkan untuk mouse wireless yang masih menggunakan teknologi infrared sudah dianggap ketinggalan jaman. Karena memang kebanyakan mouse wireless yang modern lebih cenderung menggunakan teknologi bluetooth dan Radio Frequency yang memang dianggap lenih handal. Salah satu yang memperkuat hal tersebut adalah, teknologi Radio Frequency bisa menembus penghalang antara pemancar dan penerima, ini merupakan hal yang tidak bisa dilakukan oleh infrared. Untuk mendapatkan sudah banyak sekali yang jual mouse wireless saat ini.

  1. Ada pemancar dan penerima siyal
    Agar mouse tersebut dapat saling berkomunikasi dengan komputer, maka 2 komponen utama yang dapat bertindak sebagai pemancara dan juga penerima sinnyal. Biasanya salah satu komponen akan terhubung langsung pada komputer melalui port USB sedangkan untuk kompuonen lainnya sudah terpasaang di dalam mouse.
  2. Optical atau Laser
    Saat ini mouse wireless menggunakan Optical dan laser yang memungkinkan performanya semakin baik. Mouse optical dirasa cukup baik. Namun bagi yang memiliki kebutuhan akan mouse dengan tingkat presisi yang tinggi maka sebaiknya memilih mouse wireless dengan pinpointing yang berakurasi tinggi juga. Untuk kebutuhan tersebut maka mouse jensi Laser merupakan pilihan utama. Mouse Laser memiliki respon time yang diklaim lebih baik dari mouse optical.
  3. Jedah antara gerakan mouse dan pointer pada monitor
    Teknologi wireless dan juga laser membuat jeda antara gerakan mouse dan pointer pada monitor sangat kecil. Bagi para pengguna dengan kebutuhan yang biasa-biasa saja, jeda tersebut sama sekali tidak terasa. Bagi pengguna seperti para design grafis dan gamers, saat awal mungkin sedikit terasa aneh namun setelah beberapa saat mencoba maka semuanya akan terasa normal-normal saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *