Cyproheptadine, Obat Untuk Meredakan Muntah pada Anak

Anak Anda sedang mengalami mual dan muntah yang tidak kunjung reda? Sudah menggunakan beberapa cara untuk mengobati tapi tidak memberikan efek apapun? Coba saja berikan cyproheptadine! Cyproheptadine adalah salah satu obat muntah anak yang dikenal mampu mengatasi mual dan muntah yang terjadi pada anak.

Cara Menggunakan Cyproheptadine

Cyproheptadine adalah antihistamin yang digunakan untuk meredakan gejala mual dan muntah. Selain itu obat ini juga mengatasi alergi seperti mata berair, pilek, mata gatal / hidung, bersin, dan gatal-gatal. Obat ini bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu (histamin) yang dibuat oleh tubuh Anda selama reaksi alergi. Obat ini juga memblokir zat alami lain di tubuh Anda (serotonin).

Namun, obat ini tidak boleh digunakan pada bayi baru lahir atau bayi prematur. Cara menggunakan Cyproheptadine HCL adalah :

  1. Minum 2-3 kali sehari

Minum obat ini melalui mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya 2 hingga 3 kali sehari. Jika Anda menggunakan Cyproheptadine bentuk cair, hati-hati mengukur dosis dan Anda bisa menggunakan alat pengukur / sendok khusus. Jangan menggunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar.

  1. Minum sesuai dosis yang dianjurkan

Dosis didasarkan pada usia Anda, kondisi medis, dan respons terhadap pengobatan. Pada anak-anak, dosisnya mungkin juga didasarkan pada berat dan ukuran tubuh.

  1. Jangan menambahkan dosis

 Jangan menambah dosis Anda atau minum obat ini lebih sering daripada yang diarahkan. Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau jika memburuk.

Efek Samping Cyproheptadine

Efek samping yang sering terjadi ketika mengonsumsi obat Cyproheptadine adalah mengantuk, pusing, penglihatan kabur, sembelit, atau mulut kering juga dapat terjadi.

 Apabila mulut kering hingga menyebabkan luka, Anda harus segera mencari cara cepat menyembuhkan luka. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beri tahu dokter atau apoteker Anda segera.

Untuk meredakan mulut kering, hisaplah permen, kunyah permen karet atau minum air putih. Ingatlah bahwa dokter Anda telah meresepkan obat ini karena ia telah menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *